Telaah Vidio Diferensiasi
Bapak/Ibu guru, setelah menelaah ketiga video tersebut, uraikan bagaimana masing-masing guru pada video tersebut mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi untuk mencapai tujuan pembelajaran?
Tabel 2.1 Telaah Video Pembelajaran Berdiferensiasi
Video 1 |
Video 2 |
Video 3 |
Pada Video pembelajaran berdiferensiasi konten. Guru merancang pembelajaran diferensiasi konten dikarenakan guru menemukan permasalah siswa yang kesulitan belajar pada saat pembelajaran seperti ngantuk, sulit konsentrasi. Pada pembelajaran diferensiasi konten guru melakukan pendekatan dan asesmen awal untuk mengetahui profil,minat dan kebutuhan belajar anak. Pembelajaran yang dilakukan guru tersebut pada akhirnya bukan hanya menjawab diferensiasi konten saja tapi terdapat didalamnya proses dan produk. Sehingga diferensiasi ini mengakomodasi kebutuhan dan keberagmana dari setiap keunikan peserta didik. Dengan diferensiasi konten anak mencari tahu dan sudah memiliki seperangkat pengetahuan sendiri. |
Pada video pembelajaran berdiferensiasi proses. Hal yang menjadi dasar guru tersebut memilih diferensias proses karena pemahaman guru terhadap siswa yang terbatas sehingga pembelajaran menjadi tidak menyenangkan dimana siswa merasa bosan, suasana kelas sepi, diferensiasi proses akan menjawab pertanyaan atau kegelisahan guru dan peserta didik tentang bagaimana kebutuhan murid bisa terpenuhi. Dimana guru menciptakan proses pembelajaran yang lebih efektif dan interaktif memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggali kompetensi yang dimilikinya, rasa ingin tahu yang lebih tinggi dan semangat belajar peserta didik yang semakin meningkat |
Pada video pembelajaran berdiferensiasi produk. Dimana pembelajaran inin dinilai untuk memenuhi kebutuahn anak karena minat peserta didik yang beragam. Pada awalnya guru tersebut hanya memberikan pembelajaran yang tidak menjawab kebutuhan dan minat anak. Guru hanya focus menyelesaikan pembelajaran sehingga tidak bermakna dimana guru lebih banyak berperan sehingga siswa merasa bosan dan tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Dengan pembelajaran produk guru tersebut memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih berperan aktif dalam pembelajaran bukan hanya memahami saja tetapi dan menciptakan sebuah produk dengan keratifitas yang dimiliki dari pembelajaran tersebut guru lebih mudah dalam pemberian materi dan siswa pun mudah menerima materi. |
Dari ketiga pembelajaran berdiferensiasi pada tayangan video 1 sampai 3, menurut saya yang paling efektof adalah pembelajaran diferensiasi konten guru melakukan pendekatan dan asesmen awal untuk mengetahui profil, minat dan kebutuhan belajar anak. Pembelajaran tersebut pada akhirnya bukan hanya menjawab diferensiasi konten saja tapi mencangkup proses dan produk didalamnya. Proses yaitu dimana guru merancang strategi, metode dan prosedur dan pendekatan untuk mengembangkan ketrampilan tertentu dari peserta diidk. Sedangkan produk strategi yang berfokus pada hadil akhir yang bisa dinilai dan dievaluasi atau yang dapat digunakan dari tindakan atau proses tersebut.
Diantara tiga video tersebut, komponen diferensiasi manakah yang menurut Bapak/Ibu paling efektif untuk diterapkan pada pembelajaran? Mengapa?
Sangat menginspirasi
BalasHapusDapat menjadikan sebagai panduan dalam pembelajaran
BalasHapusSangat bagus, karena sangat membantu untuk dijadikan panduan dalam pembelajaran.
BalasHapus