telaah dengan prinsip UBd
Item Pernyataan |
Sudah |
Belum |
Langkah 1. Menentukan Tujuan Pembelajaran |
||
Saya mengidentifikasi sasaran pembelajaran dan fokus pada pemahaman konsep yang mendalam dan penerapan pengetahuan dalam konteks nyata. |
|
P |
Saya menentukan pemahaman utama yang mencakup inti dari pembelajaran dan evaluasi pemahaman peserta didik. |
P |
|
Saya mengidentifikasi kemampuan penting yang fokus pada keterampilan yang relevan dengan konten pembelajaran dan dapat diterapkan di kehidupan nyata. |
P |
|
Saya merumuskan pertanyaan esensial yang mendorong peserta didik |
P |
|
Item Pernyataan |
Sudah |
Belum |
||
untuk menjelajahi konsep-konsep dan merumuskan pemahaman mereka sendiri. |
P |
|
||
Saya menentukan kriteria keberhasilan capaian pembelajaran. |
|
P
|
||
Saya merumuskan tujuan pembelajaran dalam berbagai kategori kemampuan peserta didik. |
P |
|
||
Langkah 2. Menentukan Asesmen Pembelajaran |
||||
Saya mengidentifikasi bukti kinerja atau produk yang dapat menunjukkan pencapaian tujuan pembelajaran. |
P |
|
||
Saya merancang rubrik penilaian yang jelas dan terukur untuk setiap jenis bukti kinerja. |
|
P |
||
Saya merancang asesmen berdasarkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. |
P |
|
||
Saya merancang asesmen formatif untuk mengukur capaian pembelajaran yang berkelanjutan selama proses pembelajaran. |
P |
|
||
Saya mengembangkan instrumen penilaian autentik. |
|
P |
||
Saya mengumpulkan data asesmen untuk mengetahui perkembangan pencapaian peserta didik. Selanjutnya, dipergunakan sebagai dasar menentukan tindakan lanjutan. |
P |
|
||
Langkah 3. Merancang Kegiatan Pembelajaran |
||||
Saya menentukan alur belajar berorientasi pada pencapaian tujuan pembelajaran. |
P |
|
||
Saya mendesain aktivitas pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk menjelajahi konsep secara mendalam. |
P |
|
||
Saya memilih strategi pembelajaran yang relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang terdapat pada asesmen. |
P |
|
||
Saya memilih model/metode/pendekatan pembelajaran yang relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran. |
P |
|
||
Saya mengembangkan aktivitas berdasarkan kebutuhan belajar peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran. |
P |
|
||
Saya mengembangkan aktivitas pembelajaran terintegrasi dengan konteks nyata. |
|
P |
||
Saya mengembangkan aktivitas pembelajaran berdasarkan keragaman kemampuan awal peserta didik. |
P |
|
||
Saya mendesain aktivitas pembelajaran berbasis active learning. |
|
P |
||
Saya mengembangkan aktivitas pembelajaran untuk mencapai konsep- konsep esensial. |
P |
|
Bagaimana kesimpulan Bapak/Ibu guru setelah mengisi rubrik checklist? Berdasarkan rancangan pembelajaran yang Bapak/Ibu guru miliki, pada poin berapa saja yang perlu diperbaiki?
Analisis berdasarkan Checklist Ubd
Aspek positif
1. Tujuan pembelajaran: Tujuan pembelajaran telah dirumuskan secara jelas dan terukur, baik tujuan umum dan tujuan khusus
2. Variasi asesement: Saya telah menggunakan berbagai jenis assement baik formatif maupun sumatif yang dapat memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang pencapaian siswa
3. Kegiatan pembelajaran: Kegiatan pembelajaran yang dirancang cukup bervariasi dan menarik serta melibatkan siswa secara aktif.
Keren... Bisa dijadikan acuan untuk guru yang lain...
BalasHapus