telaah dengan prinsip UBd

 

Item Pernyataan

Sudah

Belum

Langkah 1. Menentukan Tujuan Pembelajaran

Saya mengidentifikasi sasaran pembelajaran dan fokus pada pemahaman

konsep yang mendalam dan penerapan pengetahuan dalam konteks nyata.


P

Saya menentukan pemahaman utama yang mencakup inti dari

pembelajaran dan evaluasi pemahaman peserta didik.

P


Saya mengidentifikasi kemampuan penting yang fokus pada keterampilan

yang relevan dengan konten pembelajaran dan dapat diterapkan di kehidupan nyata.

P

 

Saya merumuskan pertanyaan esensial yang mendorong peserta didik

P

 

                

Item Pernyataan

Sudah

Belum

untuk menjelajahi konsep-konsep dan merumuskan pemahaman mereka

sendiri.

   P

 

Saya menentukan kriteria keberhasilan capaian pembelajaran.


P



Saya merumuskan tujuan pembelajaran dalam berbagai kategori

kemampuan peserta didik.

P

 

Langkah 2. Menentukan Asesmen Pembelajaran

Saya mengidentifikasi bukti kinerja atau produk yang dapat menunjukkan

pencapaian tujuan pembelajaran.

P

 

Saya merancang rubrik penilaian yang jelas dan terukur untuk setiap jenis

bukti kinerja.


P

Saya merancang asesmen berdasarkan tujuan pembelajaran yang akan

dicapai.

P

 

Saya merancang asesmen formatif untuk mengukur capaian pembelajaran

yang berkelanjutan selama proses pembelajaran.

P

 

Saya mengembangkan instrumen penilaian autentik.


P

Saya mengumpulkan data asesmen untuk mengetahui perkembangan

pencapaian peserta didik. Selanjutnya, dipergunakan sebagai dasar menentukan tindakan lanjutan.

P

 

Langkah 3. Merancang Kegiatan Pembelajaran

Saya menentukan alur belajar berorientasi pada pencapaian tujuan

pembelajaran.

P

 

Saya mendesain aktivitas pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk menjelajahi konsep secara mendalam.

P

 

Saya memilih strategi pembelajaran yang relevan untuk mencapai tujuan

pembelajaran yang terdapat pada asesmen.

P

 

Saya memilih model/metode/pendekatan pembelajaran yang relevan untuk

mencapai tujuan pembelajaran.

P

 

Saya mengembangkan aktivitas berdasarkan kebutuhan belajar peserta

didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.

P

 

Saya mengembangkan aktivitas pembelajaran terintegrasi dengan konteks

nyata.



P

Saya mengembangkan aktivitas pembelajaran berdasarkan keragaman

kemampuan awal peserta didik.

P

 

Saya mendesain aktivitas pembelajaran berbasis active learning.


P

Saya mengembangkan aktivitas pembelajaran untuk mencapai konsep-

konsep esensial.

P

 

 

 

Bagaimana kesimpulan Bapak/Ibu guru setelah mengisi rubrik checklist? Berdasarkan rancangan pembelajaran yang Bapak/Ibu guru miliki, pada poin berapa saja yang perlu diperbaiki?

Text Box: Setelah mempelajari hasil rubrik, kekurangan yang saya miliki dan perlu diperbaiki adalah :
1.	Saya belum mengidentifikasi sasaran pembelajaran dan focus pada pemahaman konsep yang mendalam dan penerapan pengetahuan dalam konteks nyata
2.	Saya belum menentukan kriteria keberhasilan capaian pembelajaran
3.	Saya belum mengembangkan instrument penilaian autentik
4.	Saya belum mengembangkan aktivitas pembelajaran terintregasi dengan konteks nyata
5.	Saya belum mendesain aktivitas pembelajaran berbasis active learning

Analisis berdasarkan Checklist Ubd

 

Aspek positif

1.    Tujuan pembelajaran: Tujuan pembelajaran telah dirumuskan secara jelas dan terukur, baik tujuan umum dan tujuan khusus

2.    Variasi asesement: Saya telah menggunakan berbagai jenis assement baik formatif maupun sumatif yang dapat memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang pencapaian siswa

3.    Kegiatan pembelajaran:  Kegiatan pembelajaran yang dirancang cukup bervariasi dan menarik serta melibatkan siswa secara aktif.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TELAAH CONTOH KASUS SUDUT PANDANG CRT

Telaah Vidio Diferensiasi